Bukan hanya empat musim saja yang terjadi di Amerika Serikat. Tepatnya di penghujung musim dingin sampai di awal musim semi, terjadi suatu musim dimana seluruh jutaan masyarakat Amerika Serikat dari berbagai kalangan dan lokasi serentak duduk lama di depan komputer, mengisi formulir, atau sibuk berkomunikasi dengan seorang agen. Cukup aneh didengar, akan tetapi ini adalah suatu hal yang umum dan terjadi tiap tahun, dan tiap orang mengalami proses yang berbeda-beda. Musim macam apa sih? It’s tax season. Yes, it is the season where everyone in the U.S must file their income tax return to Uncle Sam. Alias dimana semua warga Amerika Serikat harus mengisi formulir pajak tahunan. Asal tahu saja, di Amerika Serikat itu semuanya dikenakan pajak, apapun dipotong pajak. Dari gaji, sampai beli hamburger. Namun demikian,setiap pembayar
pajak akan menerima uangnya kembali (tax refund) setelah Jawatan Pajak meneliti formulir apakah pembayaran yang dilakukan selama setahun itu jumlahnya lebih dari seharusnya.Akan tetapi, jika lupa membayar pajak tertentu di tahun-tahun sebelumnya, yang terjadi malahan berhutang kepada pemerintah. Karena itu, penting sekali jika mengisi formulir dan memperoses pajak sebelum batas waktu, yaitu tgl.15 April

Seperti yang telah disebut diatas, tiap individu mengalami proses yang berbeda-beda dalam setahun. Ada yang mengganti pekerjaan, memiliki anak, membeli rumah, dan lain-lain. Seorang pekerja sosial Hediana berkata, “Saya biasanya langsung mengerjakan proses pembayaran pajak saya, isi formulir dan langsung kirim. Tahun ini saya bersyukur sekali ,tahun ini saya memperoleh uang pajak kembali sekitar $1000-an sampai $2000-an lah, lumayan. ”Cecilia Garcia, seorang mahasiswi City College yang telah berhenti kerja berujar, “Karena saya balik lagi ke sekolah, saya memutuskan untuk berhenti kerja dan memfokuskan diri ke pelajaran. Banyak sekali yang saya mesti rubah informasi-informasi pendapatan saya. Kemungkinan besar saya akan perpanjang pengisian formulir pembayaran pajak sampai bulan Oktober, habis ribut banget jadinya.”

Karena banyaknya warga yang terkadang bingung dengan pengisian formulir, tidak jarang mereka mengalami kekeliriuan dalam memproses pajak. Dibawah ini adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang umum sering dialami banyak orang.

1) Punya Anak. 

Jika anda memiliki anak tahun lalu, anda harus meminta Social Security Number (nomor SSN) bagi sang anak sebelum anda memproses pajak. Jawatan Pajak, IRS (Internal Revenue Service) tidak akan mengizinkan anda untuk mengajukan pembebasan pajak anak (dependent exemptions), kredit pajak anak (child tax credit) atau penghasilan kredit (Earned Income Credit) tanpa nomor SSN.

2) Kepala Rumah Tangga

Jangan memproses pajak anda sebagai “Single” atau lajang jika anda memenuhi syarat sebagai kepala keluarga. Anda akan memperoleh refund yang lebih besar jika anda mengajukan sebagai kepala keluarga. Jika mantan suami atau istri anda mengajukan anak anda sebagai tanggungan didalam proses pajaknya, anda masih bisa mengajukan tax refund anda sebagai kepala keluarga. Sama halnya juga jika anda bisa memenuhi syarat untuk mengajukan orangtua, kakek-nenek, keponakan, kakak atau adik sebagai tanggungan, anda bisa memproses pajak anda sebagai kepala keluarga.

3)Perpanjangan Pengisian Formulir

Perpanjangan waktu pengisian formulir pajak dapat diajukan sampai enam bulan (15 Oktober) bilamana informasi-informasi yang diperlukan belum lengkap sebelum tanggal deadline.( 15 April). Jika tidak, anda akan dikenakan biaya penalty sebesar 5% tiap bulan. Banyak orang akhirnya berhutang pada tanggal 15 April karena kesalahan tidak mengajukan permohonan perpanjangan waktu, dan juga tidak ada uang seiring pengajuan perpanjang tersebut. Dengan mengajukan permohonan perpanjangan waktu proses pajak, anda bisa menghindari penalti besar tiap bulan, dan anda hanya membayar biaya penalti yang jauh lebih kecil.

4) Orang-tua Hak Asuh (Custodial Parent}

Seorang ayah atau ibu yang telah menyerahkan haknya untuk melepaskan tanggungan anaknya kepada bekas suami atau istri, masih berhak untuk mengajukan proses pajak sebagai kepala keluarga, kredit penghasilan (Earned Income Credit), dan kredit pelayanan tanggungan (Dependent Care Credit). Jika semua hak asuh telah diajukan dan diserahkan, orangtua non—hak asuh (non-custodial parent) mengajukan sekitar $1,000 pajak kredit anak seiring dengan pembebasan penanggungan.

5) Samakan Formulir 1099s Anda

Pastikan nomor-nomor proses pengembalian uang pajak anda sama dengan seluruh informasi dari formulir 1099s yang anda terima dari agen, perusahaan, atau kantor anda. Jawatan pajak,IRS menerima sebuah kopi duplikat dari semua formulir 1099s yang ditujukan kepada anda dan tiap orang lainnya, agar semua informasi bisa disamakan.

6)IRAs (Individual Retirement Account) atau Rekening Pensiun Pribadi

Jika anda memiliki rekening IRA tradisional atau SIMPLE IRA, anda berhak untuk menerima distribusi minimum jika anda menginjak usia 70 ½ tahun. Jika distribusi tsb. anda hanya mau menerima kurang dari jumlah minimum yang ditetapkan, sebuah potongan pajak sebesar 50% akan dikenakan untuk kekurangan tersebut. Distribusi minimum tidak bisa diterapkan bagi pemegang rekening Roth IRAs.

7) Early 401(k)/IRA Distribution atau Pengambilan Awal Pensiun Pribadi

Jika usia anda kurang dari 59 1/2, pikirkan baik-baik sebelum mengambil jatah awal distribusi anda dari rekening 401 (k) atau IRA. Sebuah penalti pengambilan jatah awal distribusi sebesar 10% akan dikenakan seiring dengan federal dan state tax dari distribusi tersebut. Besarnya sebuah distribusi akan menendang seorang pembayar pajak ke tempat kategori bayar pajak yang lebih tinggi, yang akhirnya anda akan membayar tingkat jumlah pajak yang lebih tinggi dari penghasilan tetap anda.

Jika anda ingin informasi lebih dalam, kunjungi situs www.irs.gov. (Inna)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?2612

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Maret 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175