KabariNews – Saat ini perkembangan bioteknologi di dunia internasional begitu pesat menggunakan alat dan teknologi modern. Sementara di Indonesia perkembangannya masih sangat memprihatinkan.

“ Keterbatasan fasilitas instrumentasi dan bahan-bahan yang diperlukannya hampir semuanya harus diimpor,” kata Ketua Pusat Studi Bioteknologi UGM, Prof.Dr.Ir. Siti Subandiyah, MagrSc dalam Seminar Reguler Tahunan Bioteknologi ke-yang  dilaksanakan 31 Oktober 2015, di Sekolah Pascasarjana UGM, Senin,  (2/11)

Seperti dikutip dari laman ugm.ac.id, dalam pandangan Siti sumber daya manusia (SDM) di Indonesia sudah semakin membaik dengan kembalinya banyak ilmuwan muda yang sudah menyelesaikan pendidikannya dan mencari pengalaman riset Bioteknologi di negara-negara maju. Namun, kapasitas dan kompetensi mereka memerlukan dukungan serta pendanaan yang cukup. Bioteknologi pada tanaman, misalnya baru generasi pertama, yaitu rekayasa genetika untuk mendapatkan tanaman-tanaman tahan cekaman khususnya hama dan penyakit tumbuhan yang baru bisa dimulai di Indonesia.

“ Di negara-negara maju Bioteknologi tanaman sudah sampai generasi ketiga dengan menghasilkan tanaman-tanaman yang mampu mengatasi polusi pada lingkungan. Selain tanaman yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk kesehatan dan dihasilkan pada generasi keduanya,” tutur  Siti.

Siti menegaskan Bioteknologi merupakan proses hayati yang mengunakan jasad atau sistem untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dalam meningkatkan  kualitas kehidupan manusia. Bioteknologi dapat dikelompokan dalam 4 bidang, yaitu bioteknologi yang  diterapkan untuk bidang pertanian, bioteknologi yang meliputi proses-proses hayati untuk kesehatan,  bioteknologi untuk berbagai proses industri dan bioteknologi yang meliputi proses-proses hayati kelautan dan lingkungan perairan. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/80923

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

 

kabari store pic 1