KabariNews – Kantor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mencatat 90 persen penduduk usia di atas 10 tahun gemar menonton televisi, tetapi tidak suka membaca buku.

“Sebanyak 10 persen masyarakat Indonesia yang umurnya di bawah 10 tahun gemar membaca, dan 90 persen penduduk gemar nonton televisi dan tidak suka membaca. Artinya minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah,” kata Kepala Kantor Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih seperti dikutip antaranews.com, Rabu, (28/10).

Ia mengatakan di negara maju, orang umumnya gemar membaca di mana setiap penduduk membaca 20 hingga 30 judul buku setiap tahun. Sebaliknya di Indonesia, penduduk hanya membaca paling banyak tiga judul buku dan itu pun masyarakat usia 0-10 tahun.

Sri Sularsih mengungkapkan, berdasarkan hasil survei UNDP, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2014, menempati urutan 108 dari 187 negara di dunia.  IPM Indonesia lebih tinggi dibandingkan Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam dan Filipina, tapi jauh di bawah Singapura yang menempati posisi sembilan, juga di bawah Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand.

“IPM ini ditinjau dari aspek kesehatan, pendidikan dan pendapatan masyarakat. Hal ini menandakan, kita barus bekerja keras memajukan masyarakat dari sisi kesejahteraan,” katanya.

Menurut dia, untuk menjadi negara yang maju, kunci utamanya adalah kualitas sumber daya manusia yang gemar membaca yang menurutnya harus menjadi kebiasaan masyarakat dan ditanamankan kepada anak usia dini.

“Kita menyadari kualitas sumber daya manusia menentukan pembangunan dalam memujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan sejahtera. kami berharap, dapat mendorong masyarakat mencintai budaya lokal melalui membaca buku. Serta menjadikan perpustakaan sebagai sahabat dan sumber ilmu pengetahuan,” kata Sri. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/80854

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

 

lincoln

 

 

 

 

 

kabari store pic 1