KabariNews – Bagi Anda yang pertama kali menginjakan kaki di Jakarta atau untuk Anda yang belum terbiasa menggunakan jasa taksi, wajib membaca info ini agar terhindar dari penipuan oknum taksi.
Taksi memang jadi pilihan transportasi alternatif yang lebih praktis dan nyaman ketimbang bus atau transportasi lain. Namun perlu diingat jangan sembarangan menaiki taksi jika tidak ingin tiba-tiba ‘kantong bolong’ karena tertipu dan harus membayar ongkos yang mahal.

Perhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Jika Anda di bandara dan tidak ada satu teman atau kerabat pun yang menjemput, pastikan sebelum memilih taksi resmi bandara (lihat stiker yang tertempel pada pintu taksi, biasanya bertuliskan taksi airport). Pilihlah taksi yang sudah memiliki nama serta kredibilitas yang baik. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan calon penumpang.

2. Pesan taksi melalui operator penyedia jasa taksi. Dengan demikian nama Anda akan tercatat pada sistem mereka mengenai mobil taksi yang akan mengantarkan Anda. Namun bila Anda mendadak membutuhkan taksi di jalan, pilihlah taksi yang sudah terkenal brandnya.

3. Perhatikan : Ada beberapa supir taksi yang menawarkan harga untuk mencapai suatu tujuan. Mereka berdalih, harga yang dikeluarkan pada mesin argo nantinya akan lebih mahal daripada yang ditawarkan. Jangan sepenuhnya percaya. Karena itu tetaplah meminta supir untuk mengaktifkan argonya. Modus ini tidak hanya merugikan Anda, tapi juga perusahaan taksi, sebab tarif yang tidak tercantum pada argo tidak akan tercatat pada perusahaan, dengan kata lain uang akan masuk ke kantong pribadi supir.
Untuk menghindari ‘tembak’ tarif, ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu. Cari tahu kisaran harga yang harus dibayarkan sesuai tujuan. Jangan sampai supir tiba-tiba menawarkan harga yang terlalu tinggi.

4. Periksa kelengkapan taksi, mulai dari lampu, logo di atas mobil, nama supir, nomor kendaraan serta nama perusahaan. Setelah berada di dalam taksi, periksa tanda pengenal supir taksi apakah sama dengan supir yang mengendarai (ID taksi terletak di dasbord depan mobil). Catat atau foto nomor kode armada taksi (bukan plat nomor polisi mobil). Nomor ini dapat dilihat di bagian pintu mobil.
Modus pura-pura nyasar : Hal ini memang sulit untuk dicegah, apalagi berada di suatu kota yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tapi Anda jangan ragu untuk menanyakan pada supir tentang tujuan Anda. Lebih aman lagi Anda bisa menggunakan smartphone atau fasilitas GPS dan Maps untuk lebih meyakinkan tempat tujuan Anda.

5. Siapkan uang receh. Uang pecahan kecil diperlukan jika supir mengaku tidak punya kembalian. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan supir taksi yang dengan sengaja mengaku tidak memiliki uang kembalian, alhasil Anda harus merelakan membayar taksi dengan harga yang cukup mahal.

Tidak hanya masalah keamanan yang menjadi prioritas dalam memilih taksi, namun memilih taksi Jakarta yang berkualitas juga perlu diperhatikan. Dengan mengetahui beberapa tips di atas supaya aman dan nyaman tentunya Anda akan terhidar dari penipuan oleh oknum supir taksi. (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/80267

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

 

 

 

 

 

kabari store pic 1