KabariNews – Konjen RI Chicago dengan didampingi Konsul Muda Pensosbud melakukan kunjungan ke Cleveland, Ohio, dan melakukan pertemuan dengan pihak Case Western Reserve University (CWRU) – Cleveland pada tanggal 21 Agustus 2015.

Seperti dilansir dari berita Perwakilan KJRI Chicago, Rabu, (26/8), pertemuan Konjen RI dengan pihak CWRU ini merupakan pertemuan pertama dan ditujukan untuk menjajaki pengembangan kerjasama pendidikan tinggi dan riset antara CWRU dengan universitas/lembaga terkait di Indonesia. Pertemuan dilakukan dengan Mr. David Fleshler, Associate Provost for International Affairs –CWRU yang didampingi oleh Dr. Vanessa Hildebrand, pengajar/Indonesianis dari Department of Anthropology – CWRU

CWRU merupakan salah satu private university terbesar di Ohio yang didirikan pada tahun 1826. Berdasarkan laporan US News and World Report 2015, CWRU menduduki peringkat ke-38 universitas terbaik di AS dan peringkat pertama di negara bagian Ohio. Selain itu, sejak pendiriannya CWRU berkembang menjadi salah satu universitas riset terbaik di AS dan telah melahirkan 16 peraih Nobel, khususnya di bidang ilmu fisika, kimia, kedokteran dan ekonomi, termasuk peraih Nobel pertama dari AS, Albert Michelson

Associate Provost Fleshler menyampaikan Indonesia merupakan salah satu negara tujuan kerjasama internasional CWRU. Pihak CWRU pun berminat untuk memulai kerjasama konkret terlebih dahulu, meskipun kecil, melalui kerjasama atau jaringan yang dirintis oleh pengajar/peneliti kedua pihak.

Sementara itu, Dr. Vanessa Hildebrand menyampaikan mengenai pengalamannya melakukan penelitian medical anthropologist tentang pengaruh kebudayaan dan kesehatan reproduksi di Pulau Sumbawa. Dr. Hildebrand juga menyampaikan rencana beliau untuk melakukan penelitian lanjutan terkait aspek antropologis kesehatan reproduksi di wilayah pedesaan Indonesia, khususnya di Lombok.

Menanggapi paparan Associate Provost Fleshler dan Dr. Hildebrand, Konjen RI menyampaikan sambutan baik atas keinginan CWRU untuk menjalin kerjasama pendidikan dan riset dengan Indonesia yang dapat dimulai melalui jaringan/kerjasama yang telah ada diantara pengajar/peneliti CWRU dan Indonesia. Dalam hal ini, keberadaan, pengalaman dan jaringan Dr. Hildebrand selaku Indonesianis dapat menjadi titik awal penjajakan kerjasama tersebut.

Seiring dengan kesepakatan Pemerintah kedua negara untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia di AS dan sebaliknya, Konjen RI mendorong CWRU untuk memberikan kemudahan dan memfasilitasi mahasiswa Indonesia baik di tingkat sarjana atau pascasarjana untuk menempuh pendidikan di CWRU. Konjen RI juga mendorong CWRU untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu lokasi utama study abroad program mahasiswa CWRU.

Pertemuan menyepakati untuk menindaklanjuti potensi-potensi kerjasama pendidikan dan penelitian antara CWRU dengan mitra universitas/lembaga potensial di Indonesia baik dalam bentuk penelitian bersama, program double degree, maupun peningkatan pertukaran mahasiswa dan dosen. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79563

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

 

kabari store pic 1