7KabariNews – Minggu sore (16/8), kurang lebih 500 warga masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya tampak memadati lapangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles untuk turut memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia HUT RI Pendekar Sondakh. Ada juga berbagai perlombaan anak seperti lomba makan kerupuk, joget jeruk, sendok kelereng, dan memasukkan pensil ke botol. Dalam kesempatan ini, Konjen RI Umar Hadi juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba fotografi yang berlangsung pada 8 Agustus yang lalu.

Dalam sambutannya, Konjen Umar menekankan pentingnya optimisme seluruh elemen bangsa dalam menghadapi masalah dan tantangan demi membangun Indonesia kearah yang lebih maju. Ia juga menyatakan komitmen KJRI LA untuk meningkatkan sistem pelayanan dan perlindungan masyarakat serta mempromosikan Indonesia baru.

Adapun yang dimaksudkan dengan Indonesia baru adalah sebagai kekuatan ekonomi 16 terbesar dunia, terbesar di Asia Tenggara, dan demokrasi terbesar ketiga di dunia. Selaras dengan misi peningkatan layanan masyarakat tersebut, jajaran KJRI LA melakukan penandatanganan pakta integritas seusai upacara bendera pada 17 Agustus 2015. Di samping itu, sang Konjen juga menyebutkan komitmen pemerintah dalam menjamin kebebasan beragama warganya. Pidato sambutan tersebut dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh sang istri Konjen, Nila Umar Hadi. Perayaan HUT RI kali ini juga tergolong unik lantaran beberapa acara seperti:

1.Menonton film singkat tentang sejarah gedung KJRI Los Angeles

Film pendek berdurasi 15 menit produksi KJRI LA tersebut menceritakan cikal bakal gedung KJRI LA yang telah berdiri sejak 1920. Dengan menghayati riwayat dan nilai historisnya, warga diharapkan lebih merasa memiliki dan mencintai gedung perwakilan RI bergaya art deco di bilangan Wilshire tersebut.

2.Peresmian Ruang Layanan Masyarakat dan Ruang Exhibit ITPC LA (Indonesian Trade Promotion Center)

3Pembenahan dan penataan ulang ruangan-ruangan tersebut ditujukan untuk kenyamanan pelayanan masyarakat. Selain ruangan tunggu dan loket, ada juga ruangan konsultasi one-on-one untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan lebih jauh. Tarif layanan juga dipresentasikan secara jelas. Ruang exhibit ITPC LA kini lebih fokus pada produk-produk Indonesia yang dipasarkan melalui ITPC LA.

3. Parade kuliner Indonesia

Dengan mengusung konsep potluck, warga membawa berbagai hidangan khas Nusantara dari berbagai daerah untuk dicicipi bersama. Panitia berhasil mengumpulkan 96 ragam hidangan Nusantara. Segmen yang mencerminkan kekayaan warisan budaya kuliner Ibu Pertiwi ini juga banyak mengundang animo hadirin. Hidangan yang disajikan sangat beranekaragam, mulai dari nasi kuning, gudeg, siomay Bandung, sampai dengan putu ayu dan berbagai sajian penutup tradisional lainnya.

Semarak HUT RI ke-70 di KJRI Los Angeles diakhiri dengan acara nobar (nonton bareng) siaran langsung upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dari Istana Negara Jakarta yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. (1014)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79344

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1