KabariNews – Terlalu banyak membubuhi garam, tahu-tahu masakan jadi keasinan. Tidak enak disantap dan juga membahayakan bagi kesehatan. Apa jadinya jika masakan sudah telanjur keasinan? Haruskah panganan tersebut dibuang? KABARI punya 8 kiat untuk menyelamatkan masakan yang keasinan. Selamat menyimak!

1. Jika terlalu banyak garam, untuk mengurangi rasa asin, Anda bisa menambahkan air, lalu mendidihkannya lagi.

2. Tambahkan sedikit gula. Bumbu yang satu ini mampu menyeimbangkan rasa asin. Namun, harus berhati-hati juga. Bubuhkan sedikit demi sedikit, lalu dicicipi, agar masakan tidak berubah rasa menjadi manis. Bubuhkan sesuai kebutuhan.

3. Untuk hidangan kering, tambahkan potongan kentang rebus, lalu aduk rata. Masak selama 5 menit, lalu cicipi hidangan tadi. Setelah itu, angkat kentang.

4. Untuk masakan berkuah, kentang juga bisa diandalkan. Anda tinggal menambahkan potongan kentang ke dalam masakan berkuah. Setelah mendidih, angkat kentang.

5. Bisa juga mencoba cara yang satu ini, yakni uleni tepung terigu dan air, lalu buat bola-bola kecil. Masukkan bola-bola tepung tadi ke dalam masakan, lalu diamkan sesaat. Bola-bola tepung ini akan menyerap dan menetralkan asin. Angkat bola-bola tepung dari masakan.

6. Atau Anda juga bisa menambahkan sedikit tepung terigu ke dalam kuah masakan Anda. Setelah mendidih, biarkan selama kurang lebih 5-7 menit. Tepung akan muncul di lapisan paling atas karena ia menyerap garam yang berlebihan tadi. Gunakan sendok untuk mengambil gumpalan tepung.

7. Tambahkan beberapa tetes cuka atau air lemon untuk menetralkan masakan. Rasa asam tadi akan menetralkan kelebihan keasinan tadi. Silakan mencoba.

8. Timun juga bisa jadi penyelamat. Potong sebagian timun, lalu masukkan ke dalam masakan Anda. Biarkan kuah mendidih beberapa saat, lalu timunnya layu, kemudian angkat dan buang. (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79049

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2