1. Branding ‘Wonderful Indonesia’ masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Competitiveness Index World Enomic Forum (WEF). Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan ternyata upaya dan program pemerintah dalam mempromosikan country branding mulai menunjukkan hasil menggembirakan. “Saya menyambut baik ada peringkat ranking yang signifikan dalam hal country branding dari peringkat di atas 140 menjadi peringkat 47 tahun ini dari 144 negara” papar Arief. Dia bertekad terus menggencarkan program promosi country branding melalui pencantuman logo Wonderful Indonesia dalam berbagai kesempatan.
  2. Kepala Devisi Profesi dan Pengamanan Polri, Inspektur Jenderal Raden Budi Winarso menegaskan sidang kode etik akan diberlakukan terhadap semua polisi yang melakukan pelanggaran hukum. “Kami akan revolusi mentan institusi, polisi-polisi nakal kita bersihkan. Semua yang terlibat kita proses, tak dibeda-bedakan” katanya. Sebelumnya, pada Februari 2015, PN yang menjabat Kepala Subdirektorat I Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri ditangkap personel Propam Polri atas dugaan pemerasan. Nilai uang hasil pemerasan sebanyak Rp 3 miliar, 80.000 dollar AS dan 4 kilogram emas batangan. Karena kasus tersebut, PN dicopot dari jabatannya dan menjalani sanksi pidana dan kode etik.
  3. Kian meluasnya daerah yang kesulitan air hingga berhari-hari mempertegas lambannya pemerintah mengatasi dan mengantisipasi dampak kekeringan dari fenomena El Nino. Kondisi ini juga menggambarkan buruknya manajemen sumber daya air dan lemahnya koordinasi antarinstansi. Kekeringan yang menyebabkan produksi pangan nasional menjadi anjlok dan bisa membuat penduduk miskin bertambah. Pemerintah Joko Widodo diimbau membuka keran impor pangan guna mengantisipasi krisis pangan akibat kekeringan El Nino melanda Indonesia. El Nino.
  4. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kekeringan yang melanda Indonesia saat ini diduga sebagai dampak El Nino yang telah mencapai level moderat. Fenomena ini diprediksi akan menguat mulai Agustus sampai Desember 2015. Daerah-daerah yang berpotensi terdampak El Nino adalah Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.
  5. Rangkaian pertemuan Menlu ASEAN ke-48 telah dimulai pada Sabtu (1/8) lalu di Putra World Trade Center (PWTC), Kuala Lumpur. Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Rahmat Pramono mengatakan pertemuan tersebut adalah membahas tujuh Plan of Action (PoA) dengan tujuh mitra wicara ASEAN. Dalam PoA tersebut kata Dubes Pramono Indonesia fokus pada dua hal sesuai agenda nasional yaitu mengenai perlindungan buruh migrant dan Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing. Selain itu akan dibahas isu keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN dalam tingat pejabat senior ataupun tingkat menteri.
  6. Sebanyak 515 Polisi gabungan melakukan gelada bersih pengamanan Pilkada Serentak di Markas Polda Metro Jaya. Direktur Samapta Bhayangkara Polda Metro Jaya Kombes Ahmad Subarkah menjelaskan gelada bersih dilakukan dengan sejumlah kegiatan. Personil disiapkan untuk memperkuat pengamanan. Beberapa antisipasi sudah siapkan, baik penganmanan dari gudang KPUD sampai pemilu dan pengamanan kampanye.
  7. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pemerataan tarif parkir pinggir jalan di Ibu Kota. Seluruh pengendara yang parkir di tepi jalan akan dikenakan tarif progresif Rp 2.000 per jam untuk sepeda motor dan Rp 5.000 per jam untuk mobil. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, penerapan sistem parking on street akan memaksa kendaraan untuk tidak parkir terlalu lama. Sistem ini akan dilengkapi terminal parkir elektronik. Kebijakan ini dilakukan untuk menertibkan sistem parkir yang masih semrawut di Ibu Kota. Selain mampu membuat pengemudi parkir teratur, sistem ini juga dapat menambah pendapatan Pemprov DKI sebesar Rp 1,8 triliun per tahun.
  8. Amankan wanita dari pelehan, DKI keluarkan Aplikasi Safetipin. Aplikasi ini bisa diunduh melalui ponsel pintar dan terintegrasi dengan aplikasi Jakarta Smartcity. Dijelaskan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, aplikasi sudah tersedia di Play Store dan App Store. “Jika bertemu dengan pria kurang ajar, dan sudah mulai melecehkan, Anda bisa beri kode. Begitu ada kode notifikasi pada kita, lokasi Anda, maka petugas akan meluncur” paparnya. Gubernur menambahkan pihaknya juga akan bekerja sama dengan Satpol PP, PT Transjakarta dan polisi untuk menerapkan sistem tersebut.
  9. Ribuan petugas pemadam kebakaran berusaha keras menjinakkan puluhan hektar hutan di California, Amerika Serikat. Dalam kebakaran tersebut, satu orang petugas pemadam meninggal dunia. 6000 kepala keluarga terpaksa dievakuasi, pasalnya ada 21 titik api yang cukup besar dan membahayakan. Berdasarkan data pemerintah setempat, total 49 ribu hektar lahan telah terbakar dalam kebakaran hutan California. Gubernur California Jerry Brown menetapkan status darurat kebakaran hutan sejak Jumat (31/6).
  10. Pentas kolosal Kesenian Reog digelar di alun-alun Ponorogo, Jawa Timur. Ratusan Reog pentas bersama untuk melestarikan budaya. Pentas kolosal digelar oleh 200 Reog dari sejumlah desa se-Kabupaten Ponorogo. Mereka hadir untuk menunjukkan aksi terbaiknya di pentas Reog terbesar yang pernah digelar di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini digelar Dinas Pariwisata, bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Ponorogo ke 518. Acara ini sekaligus sebagai upaya dukungan meraih pengakuan Reog sebagai kesenian asli Ponorogo dari UNESCO.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78913

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2