Bangun TidurKabariNews – Tubuh yang segar bugar sangat didamba oleh semua orang untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Sudah tidur, makan rasanya cukup tapi kenapa tubuh serasa masih loyo juga? Apa yang salah? Simak kupasan berikut, semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda itu!

Pernah merasakan bangun tidur, tapi badan masih saja terasa capek, mengantuk seperti tak berenergi? Pasti ada yang salah. Bukan karena pekerjaan yang menumpuk, tapi karena Anda kurang tidur atau hal lain, misalnya kurang berolahraga dan makan. Meski banyak pekerjaan atau tugas harian yang harus diselesaikan, kalau Anda punya pola kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan, maka tubuh pun akan selalu penuh energi.

Mengawali hari dengan cukup tidur. Inilah hal yang utama. Tidur terlalu larut akan dapat mengakibatkan malas bangun pagi atau bahkan sakit kepala. Selain tidur terlambat, kebiasaan menunda bangun dengan memencet snooze di alarm juga akan memengaruhi tubuh Anda. Misalnya, menurut Anda dengan menambah sedikit waktu tidur setelah alarm berbunyi bisa menambah sedikit energi, padahal sebaliknya yang justru terjadi. Lebih baik bangun secara alami setelah alam berbunyi, maka energi Anda tak akan terkuras oleh kebiasaan bangun, snooze alarm, dan tidur kembali lalu bangun lagi.

Ritual sebelum tidur juga perlu diperhatikan. Lebih baik jika tidak membuka smartphone atau tablet, apalagi main Candy Crush. Ini akan mengganggu waktu tidur. Bacalah buku atau menyalakan musik pengantar tidur agar otak dan tubuh rileks. Tidur cukup minimal tujuh jam. Jadi, begitu alarm berbunyi di pagi hari segera bangun agar badan segar.

Setelah bangun pagi, biasakan minum air putih untuk membersihkan tubuh dari dalam, sekaligus memberi energi. Beberapa orang memiliki kebiasaan minum air putih hangat atau dicampur perasan lemon. Bagus sekali. Jangan langsung minum teh atau kopi, jadi utamakan air putih. Setelah itu usahakan berolahraga atau minimal gerak badan sedikit atau lari pagi serta jalan pagi dengan anjing kesayangan sambil menghirup udara segar. Tak perlu menghabiskan banyak waktu seandainya Anda punya kesibukan menyiapkan sarapan untuk keluarga dan diri sendiri sebelum kerja.

makanan SehatJangan lupa sarapan pagi. Pilihlah menu sarapan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak sehat. Kombinasi sarapan ini membuat tubuh berenergi sepanjang hari. Ingat, sarapan pagi tidak tergantung pada porsi makan, terutama karbohidrat. Kalau tidak, Anda akan kekenyangan dan mengantuk, bukannya menambah energi.

Bawa bekal snacks atau makanan kecil. Saat perut terasa lapar di antara waktu makan siang dan makan malam, ngemil dengan camilan sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau snack bar yang mengandung protein. Dengan membawa camilan sendiri, kita tidak akan tergoda untuk mencari jajanan yang belum tentu sehat dan berlemak tinggi.

Saat istirahat makan siang, jalan-jalan sebentar keluar dari ruangan, menghirup udara di luar. Apalagi jika pekerjaan kita mengharuskan duduk di belakang meja selama seharian, cobalah tinggalkan meja Anda, lalu mulai gerak-gerakkan badan, menghirup udara luar agar tidak bosan. Otak juga jadi segar. Buktikan!

Ingin kembali minum kopi? Bagaimana kalau kopi diganti dengan segelas green tea? Selain lebih banyak khasiatnya untuk kesehatan, teh hijau juga dapat mengembalikan energi yang sudah terkuras. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78311

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2