1. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara serentak dilakukan pada hari ini Senin (4/5). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan memastikan seluruh siswa bisa mengikuti tes, termasuk para siswa yang daerahnya terkena bencana alam. Anies mengatakan, para peserta UN SMP yang daerahnya mengalami bencana alam seperti banjir akan tetap mengikuti ujian. Pihak dinas terkait di daerah bencana telah memiliki kebiajakan untuk mengatasi persoalan tersebut. UN tingkat SMP dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 4-7 Mei 2015.
  2. Presiden Joko Widodo membagikan secara langsung Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada masyarakat Sleman. Pada kesempatan itu juga, Presiden menyampaikan beberapa pesan kepada rakyat. “KKS dipakai untuk yang produktif. Jangan untuk beli pulsa handphon. Kalau ketahuan, tahun berikutnya ngga akan diberi, dicabut” kata Presiden. Secara simbolis Presiden membagikan kartu kepada sejumlah warga.
  3. Presiden Joko Widodo mengatakan rumah sakit yang tidak mau menerima dan melayani pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) maka izinnya akan dicabut. Tak hanya menegaskan, Presiden pun akan memaksa seluruh rumah saki swasta di Indonesia untuk menerima dan melayani KIS. Ia mengatakan, percuma jika jadi Presiden tapi tidak tegas. “Ini tak pekso (dipaksa) kalau tidak mau, izin saya cabut. Dadi Presiden ora kendhel. Nggih mboten?” kata Presiden saat membagikan KIS dan dua kartu andalannya di Dusun Temuwangi, Klaten, Jawa Tengah.
  4. Indonesia mencapai target selama pemasaran makanan olahan Salon Internasional de IAlimentation (SIAL) Kanada 2015 dengan membukukan potensi nilai transaksi 10,56 juta dolar AS. Mengutip siaran pers KJRI di Toronto, Kanada, laporan Kasubdit Promosi Wilayah Amerika Eropa Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Abu Amar menyebutkan transaksi gabungan dari 26 perusahan Indonesia peserta SIAL, Kanada di Toronto. SIAL Kanada 2015 berlangsung tiga hari (28-30 April) dan Indonesia menjadi Country of Honour dengan tema ‘Teste Remarkable Indonesia’. Tahun ini produk unggulan yang diminati adalah ikan kalengan, gula kelapa curah, minyak kelapa, pasta tamarine, kacang mete, lada, produk kacang-kacangan, bumbu rempah kuliner Indonesia dan kopi.
  5. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sulit menghapus praktik prostitusi di Jakarta, karena itu ia meminta semua pihak turut mencari solusinya. Ahok mengatakan tidak memiliki solusi menyelesaikan permasalahan prostitusi. Sebab, kata dia selama masih ada manusia, pasti masih ada kegiatan prostitusi. Kendati tidak bisa dihilangkan prostitusi, Pemprov DKI mengupayakan untuk meminimalisasi kegiatan tersebut di lingkungan masyarakat.
  6. Jumlah korban tewas gempa bumi 7,8 SR di Nepal telah mencapai 7.040 jiwa. Pusat Operasi Darurat Nasional Nepal melaporkan lebih dari 14 ribu orang terluka dan ratusan ribu kehilangan tempat tinggal. Lebih dari 100 orang di India dan Tiongkok juga meninggal dunia akibat imbas gempa Nepal.
  7. Insiden penembakan warnai kontes kartun Nabi Muhmmad yang digelar di Texas, Amerika Serikat. Kontes ini digelar oleh American Freedom Defense Initiative (AFDI) di Texas (3/5) waktu setempat. Dua pelaku yang dicurigai membawa bom berhasil ditembak mati oleh petugas. Usai menembak mati dua pelaku, polisi setempat segera memeriksa kawasan sekitar tempat digelarnya kontes untuk mencari kendaraan yang diduga berisi bahan peledak.
  8. Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan pelaksanaan pemilihan umum Kelapa Daerah (Pilkada) secara serentak pada 2015. Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, pilkada serentak menjadi penting dan sebagai momen bersejarah bagi Indonesia. Husni mengatakan, Pilkada serentak gelombang pertama akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Husni menambahkan, model pemilihan serentak ini merupakan yang pertama kali di Indonesia, bahkan di dunia.
  9. Panglima TNI Jenderal Moeldoko meresmikan Kesatuan Polisi Militer (POM) TNI di Mabes TNI Cilangkap (4/5). Struktur baru ini dilakukan guna meningkatkan tata tertib dan penegakan hukum di lingkungan TNI. Dengan dibentuknya kesatuan baru ini, maka POM bisa mengendalikan langsung penegakkan tata tertib dan hukum di lingkungan TNI. Moeldoko menegaskan, POM TNI diharapkan menjadi alat penegak disiplin bagi seluruh prajurit, oleh karena itu personel POM TNI wajib memiliki tingkat disiplin yang tinggi, yakni tidak boleh melakukan tindakan yang melanggar tata tertib apalagi hukum.
  10. Hubungan Indonesia dengan Brasil dan Australia tidak terpengaruh oleh eksekusi mati terpidana narkoba. Kerja sama militer dan alat utama sistem persenjataan antara Indonesia dan kedua negara tersebut juga tetap berjalan. Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap. “Hubungan dengan Australia baik. Brasil juga masih ada alutsista yang masih dilanjutkan” katanya. Hubungan politik, kata Moeldoko sah saja naik turun namun, TNI tetap ada untuk menjaga kepentingan nasional Indonesia. Terutama menjaga keamanan dan kekuatan pertahanan. Karena alasan itulah TNI tetap menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara yang mengambil sikap positif karena hukuman mati di Indonesia.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76909

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1