KabariNews –  Sebagai bagian dari program promosi makanan Indonesia di luar negeri, Konsulat Jenderal Indonesia di Los Angeles mendatangkan  William Wongso dan timnya untuk mengajar di sesi khusus sekolah kuliner terkenal tersebut. Sekitar 60 mahasiswa dan para Chef Le Cordon Bleu College di Pasadena mendapat kelas spesial dari Master Chef Indonesia ini.

Seperti dilansir dari siaran pers Pensosbud KJRI Los Angeles tang diterima Kabari, Selasa, (28/4), William mendemonstrasikan sejumlah masakan yang merupakan ikon kuliner Indonesia. Sejumlah siswa LCB dengan antusias turut serta maju ke depan. Mereka mencoba dan mempraktekkan bagaimana cara membuat Rendang yang terkenal kompleks, mengenal racikan yang pas untuk Asinan Jakarta, membakar daging sate hingga empuk, maupun menyiapkan Soto Ayam Lamongan yang khas. (Baca juga Diplomasi Kuliner William Wongso di Los Angeles)

William memulai dengan menjelaskan satu per satu bumbu dan bahan yang digunakan, termasuk menyebutkan bumbu dan bahan pengganti apabila sulit ditemukan di luar Indonesia. Ia menegaskan pentingnya pengetahuan atas bahan-bahan tersebut karena takarannya harus akurat agar menghasilkan rasa yang sempurna.

// <![CDATA[
// < ![CDATA[
//

Ia juga menceritakan mengenai filosofi kuliner Indonesia yang tidak hanya sekedar memasak makanan. Kuliner Indonesia sangat erat kaitannya dengan kebudayaan dan apresiasi atas proses pembuatan makanan itu sendiri. Sebagai contoh, Rendang Padang adalah salah satu makanan Indonesia yang paling kompleks karena membutuhkan waktu lama agar dagingnya mencapai tekstur dan titik rasa yang diinginkan.

Sejumlah Chef LCB yang turut hadir pada kelas spesial tersebut menyampaikan apresiasi mereka atas metode pengajaran yang digunakan Pak William dengan melibatkan langsung para siswa. Lebih lanjut, mereka juga menyampaikan apresiasi kepada Konsulat Jenderal Indonesia dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Los Angeles atas terselenggaranya sesi kelas khusus ini. Diharapkan, kerja sama tersebut akan terus terjalin di masa mendatang dengan LCB College sehingga kelas-kelas khusus seperti kali ini dapat terus dilangsungkan.

Sementara itu, di luar sesi memasak, telah dilakukan pula penandatanganan Letter of Intent antara Konsulat Jenderal Indonesia dengan LCB College sebagai titik awal dimulainya kerja sama antara kedua institusi untuk masa yang akan datang. “Tujuan utama kami adalah mempromosikan keanekaragaman Indonesia ke seluruh dunia,” ujar Konsul Jenderal Indonesia di Los Angeles, Umar Hadi. “Salah satunya adalah melalui promosi kuliner.” (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76851

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

merryshouse

 

 

 

 

kabari store pic 1