KabariNews – Musim semi tiba! Saatnya membuka jendela, mempersilakan udara segar masuk setelah berbulan-bulan rumah tertutup selama musim dingin. Anda yang memiliki kebun bunga dapat menikmati semerbak bunga-bunga yang bermekaran. Tetapi Anda yang tak berkebun bunga, jangan kecil hati. Ayo berkreasi membuat wewangian aromatik sendiri!

Lemon, Rosemary & Setetes Ekstrak Vanilla

Belah lemon jadi beberapa bagian, masukkan ke dalam panci berisi air bersama beberapa tangkai rosemary dan setetes ekstrak vanilla. Rebus, biarkan di panci atau tuang ke dalam mangkuk kaca, bukan plastik atau kayu, agar wanginya bertahan lama.

Jeruk, Kayu Manis & Setetes Apple Cider

Ambil kulit jeruk, campurkan dengan kayu manis (cinnamon), beri setetes apple cider dan dapat ditambah ekstrak vanilla. Lebih baik kulit jeruk dan kayu manis diremas-remas agar wewangiannya sempurna.

Apel & Kayu Manis

Potong-potong kecil apel, lalu masukkan ke panci yang berisi seperempat atau setengah air. Masukkan kayu manis, lalu rebus. Jika ingin wanginya lebih semerbak, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau vanilla. Lebih praktis lagi, jika air rebusan itu dituang ke mangkuk atau jar yang dapat dibuka-tutup dan disimpan di dalam lemari es. Siap digunakan kapan pun dibutuhkan.

Jeruk Nipis, Daun Peppermint & Ketimun

Belah jeruk nipis, campurkan dengan potongan ketimun dan daun peppermint di dalam panci berisi setengah air, lalu rebus. Saat air mendidih, kecilkan api agar wanginya menguar ke penjuru rumah. Biarkan beberapa saat. matikan api, tutup. Dibutuhkan lagi, masak di atas api kecil.

Gula, Cengkih & Juice

Campurkan 2 gelas air dengan 1/2 gelas gula, 1 gelas jus nanas, 1 gelas jus jeruk, 1 lemon dibelah, 4 kayu manis dan 1 sdm cengkih. Untuk jus nanas dan jus Jeruk dapat memakai jus botolan jadi dibeli di toko atau membuat perasan sendiri. Rebus, aduk hingga tercampur rata. Anda bisa simpan di lemari es untuk pemakaian di lain waktu.

Jeruk, Kayu Manis & Cranberries

Jeruk dibelah empat, masukkan ke panci berisi 2 gelas air. Campurkan 2 atau 3 kayu manis, setengah genggam cengkih dan satu genggam cranberries. Rebus dan aduk. Jika air sudah matang, tambahkan 1 gelas air, lalu kecilkan api. Jika sudah cukup mengharumkan rumah, matikan apinya. Tinggalkan saja di atas kompor. Sewaktu-waktu butuh wewangian segar, tinggal jerang kembali di atas api kecil.

Mawar Kering, Minyak Mawar dan Cengkih

Keringkan beberapa tangkai bunga mawar termasuk yang masih kuncup. Campur helai bunga keringnya dengan cengkih. Masukkan ke dalam plastik. Sebelum ditutup, teteskan minyak mawar sekitar 5 tetes atau lebih sesuai tingkat keharuman yang diinginkan.
Setelah itu ikat plastiknya, kocok hingga minyak mawar tercampur. Simpan di tempat kering sekitar satu-dua jam. Kemudian taruh di dalam mason jar atau mangkuk kaca terbuka. Lebih baik jika diletakkan di tempat yang terang dan terkena embusan angin sehingga wanginya merata ke seisi ruangan. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76212

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1