KabariNews – Pertama kali akan berlibur ke luar negeri yang jauh? Wah, tentu saja excited, bercampur rasa antara senang dan cemas. Melihat belahan dunia lain dengan masyarakat dan budaya yang berbeda, tapi juga cemas urusan packing. Terlebih bila tujuan penerbangan ke Amerika yang ketat menerapkan peraturan imigrasi. Info berikut KABARI siapkan untuk Anda, agar perjalanan berlibur jadi nyaman, aman dan menyenangkan!

Tas Tangan yang Compact

image1Bawalah tas tangan atau ransel yang cukup handy. Tidak terlalu besar, juga terlalu kecil untuk tempat dokumen penting, seperti paspor, identitas diri serta persiapan biaya untuk airport tax dan fiskal. Masukkan dalam satu dompet lengkap dengan pulpen di dalamnya. Kemudian, simpan dalam tas di sisi yang aman, tapi mudah dimasuk-keluarkan.

Ingatlah, kita akan selalu mendapat beberapa lembar kertas baru seperti tiket, boarding pass, formulir imigrasi, jadi lebih mudah kalau semua dapat masuk dalam satu map. Tidak tercecer. Salah satu tip agar dokumen tetap kita miliki seandainya hilang, sebelum berangkat, scan semua dokumen termasuk tiket, lalu simpan di aplikasi Dropbox di telepon atau tablet kita.

Tas tangan juga mesti muat untuk menyimpan beberapa barang penting lainnya, seperti dompet, kamera saku, telepon genggam, charger, earphone dan buku atau tablet. Lebih baik jika memilih salah satu, buku atau tablet saja, sehingga tidak memberatkan tas tangan kita. Sebelum berangkat, download buku bacaan, lagu-lagu favorit serta games yang kita sukai, tanpa koneksi wifi. Yang perlu diperhatikan, bawalah adaptor atau colokan charger untuk internasional, karena pasti berbeda. Tentunya kita tidak ingin baterai mati dan bingung tidak bisa mencolok gadget saat layover di bandara. Pastikan peralatan elektronik kita di-charge di dalam pesawat, karena selalu ada outlet USB di tempat duduk kita.

Biasanya selalu ada permen atau tisyu, bahkan tas make up kecil dalam tas tangan kita. Kecuali tisyu, tinggalkan permen dan tas make up. Gantilah dengan 1 ziplock ukuran 1 quart berisi beberapa botol kecil ukuran serta isi maksimal 3 ons (100 ml). Jika memiliki hand lotion, lip balm, hand sanitizer, pelembab kecil berbentuk liquid di bawah ukuran itu dapat dimasukkan langsung di ziplock. Baca dan cermatilah peraturan TSA ( transportation security administration) untuk Amerika agar perjalanan masuk aman dan lancar. Tak perlu ada yang dipertanyakan dan dibuang.

Carry On

image4Selain tas tangan, kita dapat membawa satu carry on atau koper kecil di peraturan penerbangan internasional. Perhatikan peraturan ukuran besarnya dan berat carry on yang diizinkan, seperti isi tas tangan. Dalam carry on tak boleh ada barang liquid serta benda-benda tajam. Dalam penerbangan domestik atau ke beberapa negara Asia, kita masih bisa membawa serta makanan kecil di dalam carry on. Tapi tinggalkan saja itu jika terbang ke negara seperti Amerika. Beli saja makanan kecil atau permen di duty free. Harganya memang pasti berlipat, tapi minimal aman dari pemeriksaan imigrasi.

Apa saja yang bisa dan perlu dibawa di dalam carry on? Cardigan atau jaket, syal serta beberapa baju tipis termasuk satu stel pakaian dalam. Kalau kedinginan atau kurang nyaman dengan baju yang dipakai, Anda dapat berganti dengan baju nyaman yang Anda bawa di carry on. Penerbangan internasional, terutama saat layover di beberapa kota atau negara lain sebelum menuju negara tujuan, memiliki risiko koper nyasar dan baru didapatkan kembali satu atau dua hari kemudian. Karena itu, minimal kita punya baju pengganti di dalam carry on. Bawa sepasang sandal dan topi seandainya layover cukup lama dan memungkinkan Anda jalan-jalan ke luar bandara.

Koper

Menghindari koper yang dibawa overloaded, maka pastikan membuat daftar barang penting yang mesti dibawa, sambil melihat prakiraan cuaca di tempat tujuan. Jika berlibur saat musim dingin akhir tahun berarti harus membawa sepatu boots dan jaket tebal. Cukup bawa satu pasang dan kenakan saat terbang. Toh di pesawat dapat dilepas. Ganti dengan pakaian yang lebih nyaman dari dalam carry on.

image3Saat traveling, ilmu mix and match penting sekali diterapkan. Bawalah baju dan sepatu warna netral agar dapat dipadupadankan untuk segala suasana.

Tak perlu membawa peralatan make up atau piranti mandi dalam kemasan besar. Berhati-hatilah dengan lotion atau eye make up remover yang berbentuk cair. Ganti dengan kemasan kecil dan berbentuk krim atau tisyu agar lebih aman dan tidak berat membawanya. Jangan coba-coba membawa oleh-oleh berupa makanan khas, baik basah maupun kering jika tidak ingin mendapat masalah di bagian imigrasi.

Bawa baju-baju lama yang dapat kita tinggalkan di tempat Anda menginap, sehingga masih tersisa tempat kosong di dalam koper untuk membawa barang-barang baru atau suvenir yang Anda beli untuk oleh-oleh.

Jika berlibur lama, Anda dapat membeli baju-baju di thrift store dengan harga sangat terjangkau. Anda dapat mengenakannya, dan ketika pulang dapat ditinggalkan saja. Hal ini berguna sekali sehingga Anda tidak terlalu direpotkan membawa barang bawaan yang berat saat berangkat. Ketika pulang pun, Anda bisa membawa oleh-oleh tanpa harus kelebihan beban di bagasi. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76210

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

 

 

 

 

kabari store pic 1