1. Pemerintah Indonesia menyampaikan duka cita atas wafatnya mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew. Lee wafat akibat sakit pneumonia yang dideritanya. Lee Kuan Yew wafat di Singapore General Hospital pada Senin (23/3) pukul 03.16 waktu setempat pada usia 91 tahun. Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dalam siaran persnya di Tokyo, Senin (23/3) menyebutkan, Pemerintah dan rakyat Indonesia secara resmi mengucapkan duka cita atas meninggalnya Mantan PM Singapura Y.M. Lee Kuan Yew pada 23 Maret 2015. Pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan keluarga yang ditinggalkan, pemerintah, bangsa dan seluruh rakyat Singapura mendapat kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi suasana kedukaan saat ini, kata Andi. Sebelumnya Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui Twitter juga menyampaikan rasa bela sungkawa. “Indonesia mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan PM Singapura, Lee Kuan Yew. Lee Kuan Yew dikenal sebagai Bapak Singapura Modern dan merupakan seorang pemimpin besar di Asia yang sangat dekat dengan Indonesia” tulis Kemenlu melalui akun Twitter resminya (23/3).
  2. Detasemen 88 Antiteror menggeledah empat lokasi, terkait pendanaan dan pengiriman warga negara Indonesia ke ISIS. Selain menggeledah, petugas juga menangkap beberapa orang yang diduga terkait ISIS. Kepala Devisi Humas Polri Brigadir Jenderal Anton Charliyan, empat tempat tersebut adalah Cileungsi milik seorang berinisal AM, di Tambun milik J, Cisauk milik SH dan di Petukangan milik ML. sebelumnya Densus 88 sudah menangkap beberapa orang terkait keterlibatan WNI dan ISIS.
  3. Internet menjadi media yang paling berbahaya yang digunakan ISIS untuk merekrut simpatisan baru dan menyebarkan ajaran mereka. Menurut juru bicara Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris, Internet membuat ajaran ISIS menyebar ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia. Hadirnya media ISIS berbahasa Melayu, insiden ditahannya 16 WNI di Turki ketika ingin menyeberang ke Suriah, serta beredarnya video pelatihan anak-anak ISIS berbahasa Indonesia merupakan petunjuk bahwa kelompok militan itu memang menebarkan sayap ke Asia Tenggara termasuk Indonesia.
  4. Kabar duka dari dunia perfilman Tanah Ari. Aktor senior Frans Tumbuan meninggal dalam usia 75 tahun, Senin (23/3) di Rumah Sakit Mayapada, Cilandak, Jakarta Selatan karena penyakit diabetes. Frans Tumbuan merupakan aktor ternama Indonesia yang terkenal sejak era 1980an.
  5. Setelah menjadi polemik, buku PAI ( Pendidikan Agama Islam) berbau radikal ala ISIS akhirnya ditarik dari seluruh sekolah. Penarikan dilakukan untuk merevisi materi. Seperti diberitakan, Buku PAI kelas X1 SMA yang berisikan ajaran toleransi dan radikalisme beredar di sejumlah sekolah di Kabupaten Jombang. Pada halaman 78  disebutkan, jika orang Islam boleh membunuh nonmuslim atau kafir. Buku setebal 85 halaman yang disusun oleh MGMP-PAI (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Kabupaten Jombang.
  6. Polri meminta peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) tentang ISIS segera diterbitkan. Kabagpenum Mabes Polri, Kombes Rikwanto mengatakan, Perppu itu untuk memberikan pencabutan kewarganegaraan Indonesia yang bergabung dengan ISIS. Tujuannya untuk mencegah lebih banyak WNI bergabung dengan ISIS.  Rikwanto mengatakan, kejelasan dalam UU perlukan agar kelompok radikal tidak berkembang di Indonesia. Pasalnya, aparat tak bisa menindak apabila ada suatu kelompok mengarah kea rah kejahatan. “Dalam UU kita, sudah ada UU Terorisme. Tapi, pemufakatan kesepakatan yang mengarah kejahatan, hasutan dan ajakan kejahatan belum bisa dipidanakan, kecuali sudah dilakukan” paparnya. Untuk itu Rikwanto membita agar Perppu segera diterbitkan.
  7. Menanggapi berkembangnya ajaran organisasi radikal ISIS yang mulai masuk ke Tanah Air, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Indonesia beum perlu menerapkan status darurat terorisme, ia menganggap Indonesia masih aman terkendali meski sudah ada beberapa terduga ditangkap. “Tidak perlu (darurat terorisme)” kata Kalla saat menghadiri acara International Conference on Terorisme and ISIS di JIEkspo, Kemayoran, Jakarta (23/3). Menurutnya, bergabungnya sejumlah WNI ke ISIS memang berbahaya bagi keamanan negara, namun bukan berarti Indonesia harus menerapkan status darurat terorisme karena aparat keamanan masih bisa mengatasi.
  8.  Indonesia mendominasi pangsa pasar udang di Amerika Serikat. Berdasarkan data perdagangan pemerintah AS pada Maret 2015, Indonesia mencetak rekor sebagai pengguna ekspor udang ke As dengan nilai 93, 5 juta dolar AS atau mendominasi pangsa pasar AS 22.7 persen. US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyatakan bahwa lebih dari 90 persen pasar ikan dan produk ikan di AS diisi melalui impor dengan tren konsumsi yang meningkat.
  9. Menteri agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa Kementerian Agama saat ini sedang merintis pendirian perguruan tinggi Islam berskala Internasional yang juga akan mengusung semangat pendidikan Islam khas nusantara. Dikutib dari laman Kemenag.go.id, rencana tersebut didukung oleh presiden dan wakil presiden, bahkan Wapres Jusuf Kalla sangat antusias. Perguruan tinggi Islam tersebut nantinya akan fokus pada program pendidikan pascasarjana, S-2 dan S-2.
  10. Puluhan ribu pekerja PT Freeport Indonesia cemas akan masa depan mereka. Sebab, sampai saat ini mereka belum mengetahui nasib pengelolaan perusahaan tambang tersebut. Nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Pemerintah Indonesia menyetujui perpanjangan kontrak ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia hingga Juni 2015, justru berujung gugatan di pengadilan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76004

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

 

kabari store pic 1