KabariNews – Mahasiswa Universitas Indonesia, Andhika Putra Sudarman (FHUI 2011), berhasil mendapatkan penghargaan “Honorable Mention” di The 61st Harvard National Model United Nations (HNMUN) yang berlangsung pada 12—15 Februari 2015 di Boston Marriott Copley Place, Massachusetts, Amerika Serikat. HNMUN adalah simulasi sidang PBB tertua, terbesar, dan paling prestisius di dunia yang diikuti oleh lebih dari 50 universitas setiap tahunnya.

Seperti dilansir dari laman ui.ac.id, Senin, (23/3), dalam kompetisi ini, setiap mahasiwa mewakili satu negara dalam membahas suatu isu atau topik terkini dunia yang telah ditentukan oleh panitia HNMUN. Dalam sesi High-Level Political Forum on Sustainable Development tahun ini, Andhika mewakili negara Yunani membahas isu water management and security.

Indikator yang dinilai dalam HNMUN di antaranya meliputi kualitas kepemimpinan, kualitas pidato yang dibawakan, kemampuan bernegosiasi, kualitas makalah, kualitas draft resolution, dan kualitas ide yang disampaikan selama debat berlangsung.

Menurut Andhika, ada tiga hal yang menjadi kunci kemenangannya dalam HNMUN kali ini. Yang pertama adalah ketenangan. “Ketika kita khawatir, kita jadi tidak percaya diri dan akhirnya perfoma kita pasti jatuh. Jangan sampai hal itu terjadi. Anggap saja nothing to lose. Kita akan merasa punya everything to win ketika kita bersikap seperti itu,” ungkapnya.

Kunci kemenangan kedua adalah penguasaan materi dan topik. “Kita hanya bisa yakin dan percaya diri ketika kita sudah menguasai materi. Kemampuan formil [sic!] hanya akan menjadi baik ketika penguasaan materi sudah sempurna. Jadi, menguasai materi itu sangat penting,” tambahnya. Kunci yang ketiga adalah tidak mudah putus asa. “Tidak sedikit orang kita yang biasanya sudah menyerah menghadapi kondisi yang susah dan sulit, tapi saya tidak” ungkapnya.

Setelah kemenangannya di HNMUN, saat ini Andhika sedang sibuk menimba ilmu di Jepang dalam rangka pertukaran pelajar. Di tengah-tengah kesibukannya di Jepang, Andhika meluangkan waktunya untuk menulis dua buku, yaitu Buku Harian Mapres: Catatan dan Panduan Menjadi Mapres Nasional dan Motivasi Masuk PTN: Bagaimana Menumbuhkan Motivasi untuk Sukses.

Andhika ingin kedua buku tersebut dapat memotivasi generasi muda untuk terus berkembang. Ia juga berharap, melalui dua buku itu, ia bisa berbagi lebih banyak ilmu ke lebih banyak orang. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75974

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

kabari store pic 1