KabariNews – Dalam usaha mendorong ekspor Indonesia ke Amerika Serikat, khususnya produk-produk UKM, Koperasi IKM dan Islands Treasure Republic (ITR) LLC menandatangani Nota Kesepahaman Bersama untuk bekerja sama dalam peningkatan ekspor ke AS dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Penandatanganan dilaksanakan di showroom Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, disaksikan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono dan Konsul Jenderal RI Los Angeles Umar Hadi.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Dubes Sonny Konjen Umar-Hadi beserta jajaran KJRI dan ITPC LA

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Dubes Sonny Konjen Umar-Hadi beserta jajaran KJRI dan ITPC LA

Koperasi IKM merupakan badan usaha koperasi yang didirikan di Jakarta sebagai koperasi primer nasional oleh para pelaku UKM yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Menurut Ketua Pengurus Koperasi IKM Yan Razif, ”Koperasi IKM berusaha menjembatani UKM Indonesia menuju pasar global dimana Los Angeles merupakan pilot project kami.” Kerja sama ini dilakukan dengan pengusaha muda Indonesia yang menetap di Los Angeles, Michael David Jeremiah Widjaja, yang mempunyai mimpi untuk dapat mempromosikan kekayaan produk, kultur dan seni Indonesia di pasar internasional, khususnya di segmen high-end. Ditambahkan Yan, ”Selain AS, rencananya Koperasi IKM akan masuk ke negara-negara potensial lain di Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika Barat, Hong Kong, dan Cina.”

Konjen Umar Hadi menyampaikan bahwa “UKM Indonesia adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dan salah satu komponen penting dalam mewujudkan mandat Pemerintah RI untuk meningkatkan ekspor sebesar 300% untuk 5 tahun ke depan.” Untuk mencapainya, Indonesia harus mampu menembus pasar di Amerika Serikat dengan produk-produk yang berkualitas dan mempunyai nilai tambah. “Los Angeles merupakan tempat yang strategis secara geografis dan berperan sebagai pintu masuk produk-produk Indonesia yang akan masuk ke Amerika Serikat dan negara sekitarnya, seperti Kanada, Meksiko dan Karibia. Pasar Amerika Serikat dan sekitarnya masih banyak potensi yang belum digarap sepenuhnya,” lanjut Konjen RI. Konsulat Jenderal RI dan ITPC Los Angeles akan terus berperan aktif untuk menfasilitasi dan membina perusahaan Indonesia dalam menembus pasar Amerika Serikat yang hingga sekarang merupakan pasar terbesar di dunia.

Dubes Sonny bersama istri mencermati produk Treasure Indonesia

Dubes Sonny bersama istri mencermati produk Treasure Indonesia

Salah satu program untuk memfasilitasi dan membina perusahaan Indonesia adalah Program Inkubasi. “Perwakilan perdagangan RI di Amerika Serikat, dalam hal ini Kantor Atase Perdagangan di KBRI Washington DC dan ITPC, saat ini mempunyai program Inkubasi untuk membantu perusahaan yang baru akan masuk pasar Amerika Serikat namun memiliki keterbatasan sumber daya dan informasi,“ jelas Arief Wibisono, Kepala ITPC Los Angeles. Saat ini terdapat 5 perusahaan inkubator yang tersebar di West Coast dan East Coast yang menjadi binaan perwakilan perdagangan RI di Amerika Serikat. “Siapapun dapat masuk dalam program inkubator sepanjang mereka berkomitmen mempromosikan produk Indonesia dan mempunyai business plan yang jelas untuk masuk pasar Amerika Serikat,” tambahnya.

Islands Treasure Republic, LLC merupakan sebuah perusahaan di Los Angeles yang memiliki semangat dan tujuan untuk memberdayakan UKM Indonesia dan membuka jalan agar produk-produk Indonesia dapat dikenal oleh konsumen di Amerika Serikat. Dalam satu tahun terakhir ini, ITR telah memasarkan produk leather fashion accessories dengan merek Treasure Indonesia. Produk Treasure Indonesia dirancang untuk dapat menampilkan ketrampilan pengerajin Indonesia dan juga keindahan Batik. (ITPC LA)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75376

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

 

kabari store pic 1