KabariNews – KKP melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) menggelar kegiatan Indonesia-America Network (IA Net), Selasa (20/1), di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, seperti dilansir dari siaran pers KKP, Selasa, (20/1) mengungkapkan kegiatan ini sangat penting bagi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bertaraf internasional dalam menghadapi perkembangan era globalisasi baik tingkat regional maupun internasional, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“AS merupakan negara maju yang menjadi acuan dunia dan satuan Pendidikan lingkup KKP dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya. Menurut Susi, kegiatan seperti ini perlu terus ditingkatkan untuk membentuk SDM yang kompeten yang akan menjadi agen pembaruan dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan. “Lembaga pendidikan di bawah KKP harus selalu menjadi pelopor dalam menghasilkan teknologi terapan yang inovatif untuk peningkatan produktivitas dan saya saing sektor kelautan dan perikanan,” ujar Susi.

Sementara itu Kepala BPSDM KP Suseno Sukoyono menuturkan, kerja sama dan sinergi lintas lembaga dalam dan luar negeri antara BPSDM KP dengan universitas dan lembaga swasta dalam meningkatkan kapasitas SDM kelautan dan perikanan telah berjalan dengan baik. Sampai saat ini BPSDM KP telah bekerja sama dengan 20 universitas luar negeri, 12 universitas dalam negeri, 25 lembaga internasional dan NGO (seperti World Wide Fund for Nature, Coral Triangle Center, Conservation International, dan International Union for Conservation of Nature), serta 40 kementerian/lembaga, kabupaten/kota, dan badan usaha/perbankan. Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan salah satu contoh kerja sama BPSDM KP dengan universitas di AS, yaitu Mississippi State University.

Suseno juga menambahkan, dari semua program pengembangan SDM KP yang telah direncanakan adalah dibentuknya IA Net. Pendiriannya merupakan wujud komitmen KKP untuk melanjutkan jejaring kerjasama yang telah dilakukan dengan beberapa universitas AS seperti Mississippi State University, University of Washington, dan Oregon State University. “Diharapkan akan bertambah lagi kerja sama yang terjalin kedepannya dengan universitas lainnya”, ungkapnya.

Menurut Suseno, terbentuknya IANet diharapkan mampu menjadi pusat informasi akan menjadi sarana mendukung peningkatan kapasitas dosen dan taruna/i, pertukaran pelajar, pengembangan sistem, modul, dan kurikulum pendidikan kelautan dan perikanan di STP Jakarta seiring dengan perkembangan teknologi melalui kegiatan teleconference kuliah umum bersama dengan universitas partner di Amerika Serikat.

“Launching IA Net merupakan sebuah upaya pengembangan kapasitas SDM kelautan dan perikanan. IANet diharapkan mampu menjadi wadah tukar informasi Indonesia–Amerika untuk mendukung kerjasama pendidikan vokasi kelautan perikanan di Indonesia,” ungkapnya. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74356

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2